Tips Cara Budidaya Ikan Betok yang Mudah Dijalankan

Banyak orang yang masih belum mengetahui cara budidaya ikan betok karena namanya yang mungkin masih asing. Memang ikan jenis ini umumnya terdapat di sekitar Kalimantan dan Sulawesi dengan habitat asli di rawa, kali, serta sungai.

Perlu diketahui bahwa jenis ikan betok yang paling bagus untuk dibudidayakan adalah ikan betok hijau. Ikan jenis ini mampu mencapai berat hingga 200 gram dibanding jenis ikan betok lainnya.

Cara Budidaya Ikan Betok

Hanya saja, ikan betok memerlukan perhatian khusus dalam membudidayakannya, karena ikan ini termasuk dalam jenis ikan liar yang sulit dibudidayakan. Untuk pemeliharan sebenarnya mudah, hanya untuk pengembang biakan ikan betok masih sangat sulit untuk dilakukan.

Langkah-Langkah Cara Budidaya Ikan Betok

Tahap Mempersiapkan Kolam

Untuk memulai cara budidaya ikan betok, Anda harus mempersiapkan kolamnya terlebih dahulu. Berbagai jenis kolam dapat digunakan, seperti kolam terpal atau tambak. Hanya saja penggunaan kolam terpal lebih strategis untuk perkembangan ikan betok. Bandingkan denganĀ budidaya udang vaname.

Sebaiknya jangan menggunakan kolam tanah untuk budidaya ikan betok, karena Anda bisa kesulitan jika masa panen telah tiba. Sebab, salah satu keunggulan ikan betok adalah dapat memendam dirinya dalam lumpur.

Pemeliharaan Ikan Betok

Setelah telur ikan betok menetas, tidak perlu langsung memberikan pakan. Sebab, ikan betok masih memiliki cadangan makan dalam kantongnya.

Setelah empat hari barulah anakan ikan betok bisa diberi makan dengan kuning telur. Dalam hal ini pemberian pakan haruslah dilakukan secara berurutan selama sepuluh hari dengan jumlah pemberian pakan sebanyak tiga kali sehari.

Waktu kritis anakan ikan betok sekitar 14 hari, oleh karena itu pemberian pakan berupa pelet harus dihaluskan terlebih dahulu. Umumnya pemberian pakan berupa pellet tetap dilakukan hingga anakan betok berumur dua bulan. Setelah anakan berumur dua bulan, barulah anakan betok tersebut siap disebar ke kolam lainnya.

Waktu Pemanenan

Waktu panen untuk budidaya ikan betok biasanya dilakukan setelah berumur empat bulan. Perlu diketahui bahwa pemanenan bergantung pada tujuan panen tersebut, apakah untuk konsumsi atau untuk produksi.

Itulah tips cara budidaya ikan betok yang cukup praktis yang semoga bermanfaat untuk anda yang ingin mencoba memeliharanya. Selengkapnya lihat di https://www.pusatbibitikan.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *