Cara Memilih Lensa Kontak Yang Aman

Lensa kontak merupakan inovasi paling kreatif dalam mengatasi hambatan penggunaan kaca mata. Dengan menggunakan lensa kontak, bentuk wajah tak akan terhalang oleh kaca mata.

Dengan lensa kontak, aktivitas yang membutuhkan gerak dinamispun bukan lagi menjadi penghalang. Namun sayangnya, masih banyak orang yang belum tahu cara memilih maupun merawat lensa kontak yang aman dan sehat untuk mata kita.

Namun menggunakan lensa kontak tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Soal harga bukanlah penentu aman dan sehatnya sebuah lensa kontak. Jadi, bukan asal murah atau asal mahal.

Cara Memilih Lensa Kontak Yang Aman

Nah, bagaimana sih cara memilih lensa kontak yang aman, berikut ini tips yang semoga berguna untuk anda.

Tips Memilih Lensa Kontak

Bila anda ingin menggunakan lensa kontak, maka anda harus memperhatikan karakteristik lensa kontaknya. Karakteistik lensa kontak ini harus disesuaikan dengan masalah kelembapan, kejernihan, dan ketahanan terhadap kemungkinan robek pada penggunaan normal.

Dalam banyak kasus, gejala sakit mata akibat lensa kontak baru dirasakan ketika sudah pada tahap parah, seperti mata perih, silau terhadap cahaya, ataupun penglihatan kabur akibat kornea menjadi keruh dan bengkak.

Mungkin ada benarnya kata iklan bahwa anda sebaiknya jangan pernah menganggap remeh mata yang memerah. Mata merah adalah cara mata berteriak minta tolong karena ada sesuatu yang menggangu fungsi maupun anatominya. Apalagi penggunaan lensa kontak dapat mengurangi asupan oksigen ke kornea mata.

Selama penggunaan lensa kontak, mata sangat rentan mengalami kekurangan oksigen akibat paparan asap, ruangan ber-AC, maupun bekerja lama di depan layar komputer. Gejala kekeringan pada mata akan timbul ketika lensa kontak digunakan lebih dari 8 jam. Karena itu, sebaiknya lensa kontak digunakan antara enam sampai delapan jam saja.

Selain itu, jangan lupa memperhatikan daya tahan lensa kontak terhadap penumpukan kotoran, protein, dan lemak dari air mata. Begitu juga faktor perawatan lensa kontak juga harus diperhatikan.

Itulah informasi tentang cara memilih lensa kontak yang aman, semoga berguna untuk anda dan memberikan tambahan wawasan agar contact lens anda awet dan tahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *